Rakan SIMAAS anda!

PETIKAN HADIS

Posting Terbaru!

Posting Terbaru!

Thursday, May 13, 2010

Ustaz Ashaari Muhammad Meninggal..Al-Fatihah!



Berita Terkini 14 Mei 2010:

IPOH: Bekas pemimpin Al-Arqam, Ashaari Muhammad meninggal dunia di Hospital Pakar Ipoh, 2.10 petang tadi kerana jangkitan paru-paru.

Ia disahkan Pegawai Jabatan Agama Islam Perak, Datuk Sheikh Muhamah Nor Mansor Al Hafiz di sini, sebentar tadi.

----------------------------------------------------------------------------------

Sejarah Ringkas Allahyarham:

1937
Pada tanggal Sabtu , 30 Oktober 1937 atau bertepatan 25 sa’ban 1356 H, Ibunya Maimunah melahirkan Abuya Ashaari bin Muhammad lahir. Semasa remaja ia memiliki tanda-tanda kepimpinan yang luar biasa sebagai seorang pemuda yang bergelut dalam dunia intelektual, Ashaari turut bergabung dalam beberapa organisasi.

1958-1968
Ashaari masuk PAS dan ABIM. Di ABIM ia berkenalan dengan Anwar ibrahim yang kemudian menjadi wakil perdana menteri Malaysia. Karena merasa tidak puas dengan prinsip-prinsip perjuangannya, ia memilih keluar dari organisasi tersebut.

1968
Darul Arqam berdiri dipimpin langsung oleh Abuya Ashaari. Pada saat itu, usianya masihmuda yakni 31 Tahun. Di bawah kepimpinannya Darul Arqam memiliki 40 perkampungan islam di seluruh Malaysia . Abuya juga mendirikan beberapa divisi,seperti pendidkan, dakwah, kebudayaan, perdagangan dan industri, informasi, sains teknologi,kesehatan dan lain – lain.

1993
Bertepatan dengan 25 tahun Darul Aqram, Abuya Ashaari meluncurkan nama Al Aqram Group of Companies (AGC). Seperti yang termaktub dalam buku 25 tahun Darul Aqram.

1989
Darul Arqam sudah mempunyai 13 cabang di indonesia. mulai dari jakarta, bogor, bandung, tasik malaya, palembang, pekanbaru, dumai, bukit tinggi, padang, medan, sampai Aceh. Di Jabodetabek mulai dari pamulang di rumah seorang lulusan Australia, kebun jeruk, sampai pindah ke Depok, setelah Al-Arqam mengikuti pameran di UI.

1994
Darul Arqam dibubarkan pemerintah malaysia karena pehamnya tentang aurad muhammadiyah dianggap sesat dan menyesatkan. Namun, pengharaman jemaah ini oleh beberapa pengamat dianggap sebagai ketakutan pihak pemerintah dan pengusaha di Malaysia.


1994-2004

Abuya Ashaari ditahan secara ISA. Ditahan di penjara selama dua bulan pada 1994. Kemudian statusnya berubah menjadi tahanan rumah hingga 2004. Tepat pada 26 Oktober 2004.

2004
Abuya Ashaari bebas. Namun, tidak sepenuhnya bebas karena ia tidak dapat memperoleh hak secara utuh seperti hak untuk dipilih dan hak untuk berpergian keluar negeri.Di Indonesia, Al arqam tidak diharam kan sperti di Malaysia.

Hanya satu daerah saja yang mengharamkan Al-Arqam, yaitu Bukit Tinggi, Sumatra Barat. Bahkan Ormas Islam terbesar seperti NU menyatakan Al-Arqam tidak sesat. Tapi pemerintah mengeluarkan keputusan melalui kejaksaan Agung untuk melarang beberapa buku-buku Karangan Abuya Ashaari.

1997-2002
Darul Arqam kembali bangkit dengan nama yang berbeza , yaitu RUFAQA. Sedangkan, di Indonesia memakai nama Hawariyyun. Hawariyyun Indonesia banyak kegiatan bisnis diantara mini market margonda Depok, minimarket menunggu janji di pondok pinang, dan permata hijau, supermarket SuQ AL-Anshar di bintaro jaya tahun 2002.

2002-2003
Projek bisnis Abuya berkembang pesat di Indonesia. Diantaranya Guest HOuse di Sriwijaya, studio, cafe Qtrunada, Butik, Coffe & Bakery, Dekstop publshing, di SCBD Di Sudirman Jakarta, Apartmen di bangkok & Chiangmay, Butik di Paris, Love and care cafe di perth, Cury House di Geraldton, Farm kambing di sydney, dll.

2004
Hingga sekarang berdiri komuniti Rufaqa yang berlokasi di sentul city, Sentul, Bogor.

2008
Sebutan Rufaqa diganti menjadi GLOBAL IKHWAN

2 comments:

afira_am said...

abuya dah kmbali pd Nya..aku telah mrindui nye..bru trase btape khilangan abuya..maafkan anakmu ini.mge Allah mrhmatiMu abuyaku.amiin.

Editor SIMAAS said...

Allah lebih menyayangi dan maha mengetahui apa yg terbaik utk hambaNya..

Redhalah krn setiap yg berlaku tentu ada hikmahnya..semoga Allah menempatkan bersama2 dgn hambaNya yg soleh..amin.

Related Posts with Thumbnails